Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Pastikan Seluruh Simpatisan yang Diamankan Polisi Telah Dipulangkan

Anggota kuasa hukum Muhammad Rizieq Shihab (MRS), Aziz Yanuar mengkonfirmasi seluruh massa diduga simpatisan yang diamankan polisi saat sidang vonis, Kamis (24/6/2021) kemarin telah bebas. Kini seluruhnya kata Aziz sudah dipulangkan. Berdasarkan informasi yang disebarkan Aziz Yanuar melalui cerita WhatsApp pribadinya, para simpatisan yang jumlahnya ratusan tersebut sudah dipulangkan sejak kemarin sore.

Aziz menyebut dalam proses pemulangannya sendiri para simpatisan itu diberikan kemudahan, dalam artian tidak dipersulit. "Alhamdulillah dipermudah Allah SWT," ucapnya. Kendati begitu, Aziz belum mengetahui secara pasti alasan dari pihak kepolisian menahan para simpatisan yang hadir untuk menyaksikan sidang vonis eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu.

Ratusan massa diduga simpatisan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab diamankan oleh pihak aparat keamanan saat Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur tengah menggelar sidang vonis atau putusan atas perkara hasil swab test. Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, massa yang diduga sebagai simpatisan Rizieq itu sebenarnya telah diamankan sejak malam hingga pagi tadi. Keseluruhan massa yang diamankan itu berjumlah sekitar 150 orang lebih.

"Yang diamankan adalah yang tadi malam, dini hari, sampai tadi pagi jam 9. Itu ada 152 di Polres, sisanya ada 100 lebih di Polda, dan ada 21 di Polsek Cakung," kata Erwin kepada awak media di sekitaran PN Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021). Dari tangan massa tersebut beberapa di antaranya kedapatan membawa senjata tajam hingga ketapel. Atas penangkapan itu, pihak kepolisian langsung menggelar test swab antigen guna mendeteksi secara dini resiko penyebaran Covid 19.

Hasilnya, kata Erwin, pihaknya menemukan sebanyak empat orang massa reaktif Covid 19. "Ini kami lihat ada yang bawa sajam dan ketapel satu orang, sebagian kita antigen, empat orang reaktif di Polres," kata Erwin. Dari penemuan hasil swab antigen tersebut, pihaknya langsung melakukan penanganan lebih lanjut.

Di mana Erwin menyebut, pihaknya dalam hal ini dibantu tim satuan tugas (Satgas) Covid 19 kota Jakarta. "Ini masih kita coba cek, kami tangani bersama satgas Covid," tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.