Tiga Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Tiba-tiba Mundur, PSSI Akui Kecewa Berat

Kabar mengejutkan datang dari internal Timnas Indonesia, di mana tiga asisten Shin Tae yong tiba tiba memilih mengundurkan diri. Tiga staf kepelatihan Timnas Indonesia yang undur diri meliputi Kim Hae woon, Kim Woo jae, dan Lee Jae hong. Sebelum mundur, Kim Hae woon adalah pelatih kiper, Kim Woo jae pelatih teknik, dan Lee Jae hong pelatih fisik untuk Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Shin Tae yong.

PSSI mengabarkan bahwa alasan di balik mundurnya tiga asisten Shin Tae yong ini dikarenakan faktor personal. Melalui Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan bahwa pihaknya kecewa dengan keputusan tiga asisten pelatih Shin Tae yong yang memilih meninggalkan Timnas Indonesia. Pasalnya, sedari awal PSSI sudah sepakat dengan Shin Tae yong bahwa asisten pelatih yang akan mendampinginya adalah yang pernah menangani Korea Selatan saat Piala Dunia 2018.

"Mereka mengungkapkan bahwa ada persoalan pribadi. Saya kira Shin Tae yong yang paling tahu alasan mereka mundur," terangnya, seperti yang dikutip dari laman resmi PSSI . Lebih lanjut, Yunus Nusi mengatakan PSSI akan mencari pengganti untuk kekosongan asisten pelatih bagi Shin Tae yong. PSSI tak ingin mencari sembarang deputi untuk menjadi kawan rembug untuk juru taktik asal Korea Selatan itu.

"Terkait pengganti mereka, PSSI tidak akan memilih sembarangan asisten pelatih. Penggantinya harus mempunyai kemampuan sesuai standar yang diterapkan dan pengalaman tentunya," tambahnya menjelaskan. Ketika Gong Oh kyun mundur pada akhir tahun lalu, Shin Tae yong memilih Choi In cheul sebagai penggantinya. "Kami sebelumnya telah memilih Choi In cheul sebagai pengganti Gong Oh kyun berdasarkan rekomendasi dari Shin Tae yong," imbuhnya.

Terkait pengganti tiga asisten yang mundur itu, Yunus sudah melaporkan ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan selanjutnya akan dibahas di tingkat Exco PSSI. PSSI juga akan menanyakan langsung soal mundurnya tiga asisten pelatih itu kepada Shin Tae yong setelah kembali ke Jakarta. Ini penting untuk mencari tahu duduk persoalan antara Shin Tae yong dan para asistennya kenapa bisa tidak akur.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong terpaksa menunda keberangkatannya ke Indonesia. Hal ini disebabkan dirinya terkena tracking dan harus menjalani karantina setelah temannya positif covid 19. Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan awalnya Shin Tae yong akan kembali ke Indonesia pada Senin (9/8).

Namun, dengan kejadian itu membuat pelatih berusia 52 tahun tersebut diperkirakan akan tiba di Jakarta pada pekan ketiga Agustus ini. Pada Agustus ini, PSSI berencana melakukan pemusatan latihan untuk Timnas Indonesia. Skuad Garuda akan melakukan pertandingan play off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada (7/9/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published.