3 Cara Cerdas Menabung untuk DP Mobil

DP mobil memiliki nilai yang tidak kecil sekalipun belinya secara non tunai. Membeli mobil adalah investasi besar dan sebelum Anda mulai berbelanja mobil, pelajari cara menghemat uang. Ya, untuk membeli mobil  dengan cerdas, Anda perlu menetapkan anggaran, membandingkan berbagai kendaraan, dan menyiapkan sistem yang mempermudah penghematan.

Membeli mobil tidak murah. Pinjaman mobil baru rata-rata lebih dari Rp 400 jutaan, dan biaya pinjaman mobil bekas rata-rata lebih dari Rp  200 jutaan. Saat Anda mulai menjelajahi pilihan kendaraan yang hendak dibeli, ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu berapa yang Anda mampu beli. Berikut cara cerdas jika ingin membeli mobil dengan cara kredit.

Cara Cerdas Menabung untuk DP Mobil

1. Menetapkan Anggaran

Sulit untuk mengukur mobil apa yang Anda mampu beli jika belum memeriksa anggaran yang Anda miliki. Oleh sebab itu, periksa pendapatan dan kewajiban keuangan bulanan Anda, termasuk KPR jika ada, tagihan listrik, dan pinjaman lainnya.

Anda juga perlu melacak pengeluaran untuk mendapatkan gambaran tentang berapa banyak yang Anda belanjakan untuk hal-hal seperti bahan makanan, makan di luar, dan berbelanja. Hitung berapa banyak ruang yang Anda miliki dalam anggaran Anda untuk pembayaran mobil.

Cara ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak uang yang harus Anda hemat untuk DP mobil. Aturan umum adalah Anda tidak boleh menghabiskan lebih dari 15% dari pendapatan bersih bulanan Anda untuk pembayaran otomatis bulanan.

2. Simpan Tabungan Secara Otomatis

Jika Anda belum membuat rekening tabungan, maka sekarang adalah saat yang baik untuk memulai. Jadi, saat Anda membuat rekening tabungan untuk pertama kalinya, cobalah untuk menemukan rekening dengan hasil tinggi yang menawarkan suku bunga kompetitif dan biaya rendah.

Memiliki rekening tabungan yang terpisah dari rekening giro Anda dapat membantu  melacak dengan tepat berapa banyak uang yang Anda miliki untuk uang muka mobil Anda. Satu rekening bank mungkin membuat Anda lebih sulit untuk melacak tabungan mobil karena ada banyak uang masuk dan keluar untuk membayar hal-hal lain.

Saat Anda membuat rekening tabungan mandiri, Anda juga dapat mengatur uang masuk otomatis saat menerima pembayaran, yang dapat memudahkan untuk melacak dana baru. Melakukan hal ini dapat membantu memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang apa yang Anda mampu.

Anda juga dapat mencoba aplikasi penghemat uang untuk membantu mengotomatiskan tabungan Anda.

3. Dapatkan Pekerjaan Sampingan

 

Jika pekerjaan penuh waktu Anda hanya bisa membayar tagihan yang dimiliki saat ini, Anda mungkin dapat mengambil beberapa pekerjaan tambahan untuk mulai menabung dan membeli mobil. Mendapatkan pekerjaan sampingan dapat membantu Anda menghemat lebih banyak anggaran.

Pekerjaan sampingan yang mungkin bisa Anda coba adalah dengan menjual barang-barang buatan sendiri secara online, bekerja sebagai asisten virtual, atau menulis. Menghasilkan sedikit uang ekstra bisa sangat membantu, memberi Anda kesempatan untuk membeli lebih banyak mobil, meminjam lebih sedikit uang, dan mungkin meringankan tagihan bulanan Anda.

Nah, kalau Anda ingin sekali membeli mobil baru namun bingung tempat mana yang tepat, mungkin SEVA adalah pilihan yang tepat! SEVA sendiri adalah platform dari Astra Finance di aman Anda bisa membeli mobil baru atau bekas dengan metode cash atau cicilan.

Kalau Anda ingin beli mobil dengan kredit, ada fitur Instant Approval nih dari SEVA yang membuat Anda bisa sesuaikan pembayaran dengan skema yang diinginkan. DP mobil juga murah dengan suku bunganya yang rendah. Yuk, gunakan SEVA!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.