Tips Memilih Makanan untuk Orang Tua

Pentingnya menjaga pola makan untuk mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab setiap orang dari kalangan anak-anak, dewasa, sampai lanjut usia (lansia) membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda.

Ada menu khusus yang dianjurkan untuk lansia yang dibagi menjadi beberapa pilihan, biasanya makanan untuk di buat dari bahan-bahan yang kaya akan gizi, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lainnya. Berikut saya akan menjelaskan bagaimana tips memilih makanan untuk orang tua.

Apa Saja Tips Memilih Makanan Orang Tua?

 

  1. Pilih Lemak Sehat

Tentunya sudah tak asing lagi bagi kalian ketika mendengar makanan yang memiliki kandungan lemak. Kebanyakan orang ada yang yang menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak demi tetep sehat dan agar kolestrol tidak naik.

Sebab kebanyakan lemak yang beredar adalah lemak jenuh atau lemak jahat, anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Padahal kenyataannya tubuh kita tetap membutuhkan lemak agar bisa bekerja secara maksimal.

Saat kita ingin menentukan makanan untuk lansia, maka hendak berhati-hati dalam memilih sumber lemak. Sebab asupan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh bukanlah lemak jenuh, melainkan lemak tak jenuh atau atau biasa dikenal dengan sebutan lemak sehat.

Ada beberapa makanan sehat yang kaya lemak seperti ikan berlemak, minyak zitun, dan kacang-kacangan. Makanan jenis ini justru memiliki manfaat sebagai proteksi bagi kesehatan jantung lansia.

 

  1. Pilih Olahan Makanan yang Mudah Ditelan

Seiring bertambahnya usia sistem pencernaan akan mulai melambat, apalagi khususnya yang dialamiĀ  lansia akan kesulitan mengunyah dan menelan. Hal ini disebabkan lansia mengalami jumlah gigi yang tidak sempurna lagi atau bisa dikatakan gigi ompong.

Saat jumlah gigi sudah tidak sempurna, pastinya kegiatan mengunyah makanan hingga jadi lumat dan mudah ditelanĀ  akan sulit sering dilakukan. Efeknya tubuh akan terasa lemah, lesu dan letih.

Oleh sebab itu untuk memiliih makanan orang tua tekstur makananya harus mudah ditelan. Makanan yang mudah di telan juga mengurangi resiko tersedak. Contoh makanan yang mudah di telan oleh lansia seperti bubur atau sayuran berkuah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *