Perbedaan Antara AC Inverter Terbaru dengan AC Low Watt

Jika melihat namanya, baik AC inverter terbaru maupun low watt sama-sama menghemat penggunaan listrik. Tetapi, pada kenyataannya kedua tipe pendingin udara ini memiliki perbedaan. Hal ini penting sekali diketahui oleh para konsumen agar tidak salah beli.

Apa Saja Perbedaan AC Inverter dengan Low Watt?

AC inverter bekerja dengan sistem dimana kompresor akan melambat atau pelan selama ruangan sudah mencapai suhu dingin. Sedangkan AC low watt menggunakan watt yang rendah atau kecil untuk mendinginkan ruangan. Lebih jelas lagi berikut penjelasan perbedaannya.

  1. Segi Refrigerant R322

AC inverter dirancang dengan refrigerant atau freon tipe R410A. Berbeda dengan AC low watt yang menggunakan freon R22. Tipe R410A dinilai lebih ramah lingkungan meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Freon R22 memiliki dampak negatif yaitu mampu merusak ozon. Bahkan penggunaan freon ini di sejumlah negara sudah dilarang. Beruntung saat ini Daikin turut menjaga lapisan ozon dengan meluncurkan AC Inverter.

  1. Segi Fleksibel

AC inverter lebih fleksibel dibandingkan AC low watt sebab daya listriknya dapat naik dan turun sesuai keadaan kamar. Sedangkan AC low watt kompresornya terus bekerja keras meskipun suhu sudah dingin. Inilah yang mengakibatkan AC inverter lebih hemat biaya listrik.

  1. Hemat Listrik

Seperti sudah disebutkan di atas, AC inverter Daikin Indonesia lebih irit listrik. Meskipun begitu, selama AC dinyalakan sebaiknya tidak membuka jendela dan pintu. Sedangkan pada penggunaan AC low watt, baik saat itu ruangan ditutup atau terbuka tetap saja banyak daya listrik yang dipakai. Karena meskipun ruangan sudah dingin, kompresor masih terus bekerja keras.

  1. Lebih Cepat Mendinginkan Udara

Berbicara dari segi pendinginan udara, memang jelas AC inverter lebih unggul dalam hal ini. Kompresor yang digunakan AC inverter memiliki watt lebih besar dibandingkan AC tipe low watt. Perubahan suhu berjalan lancar tentunya tidak butuh waktu lama.

Sementara itu, kompresor AC tipe low watt sesuai namanya menggunakan daya listrik kecil. Maka, jangan heran membutuhkan banyak waktu sampai ruangan benar-benar dingin. Hal ini juga menjadi alasan saat ini banyak orang memilih AC inverter Daikin.

  1. Frekuensi Penggunaan

Jika menghidupkan AC hanya di saat tertentu saja, memang cocok menggunakan AC low watt. Tetapi, untuk penggunaan di ruangan dosen di kampus, kantor, dan ruang keluarga lebih bagus memasang AC inverter. Sebab, penggunaan sepanjang hari kompresor AC inverter akan melambat.

Selain itu, pastikan bahwa selama penggunaan AC inverter ruangan dalam keadaan tertutup. Selain untuk menjaga keawetan mesin pendingin juga bertujuan meminimalisir penggunaan daya listrik. Namun, jika ruangan terbuka tidak masalah menggunakan AC low watt.

Itulah perbedaan antara AC inverter terbaru dengan AC low watt. Tidak hanya itu, AC inverter keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur 3D Airflow, Econo Mode serta Intelligent Eyes yang pastinya sangat menunjang kenyamanan pengguna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.